Home » » Mengatasi Masalah Koneksi Data Error pada Lenovo S880 dan A690

Mengatasi Masalah Koneksi Data Error pada Lenovo S880 dan A690

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, April 7, 2013 | 9:37 PM

Beberapa teman milis pernah mengalami trouble pada data connection (koneksi data) pada HH Lenovo S880 dan A690. Kadang hal itu terjadi setelah mereka update firmware. Simak berikut ini cara mengatasi masalah ini yang diberikan oleh teman-teman milis termasuk Om Herry SW, pakar acang (gadget) Indonesia yang memiliki laman di ponselmu.com

Pertanyaan dari Yora Friano

Dear all,
Sudah beberapa jam ini, saya ndak bisa browsing, data connection sudah coba off-on. Kartu sudah 3 yang dicoba, termasuk pindah posisi. Apa solusinya yah, ada yang senasib pakai type S880 ini ? Kalo karena aplikasi, kira-kira apa yah, saya sudah uninstall wifi manager, comodo saver.
Thanks.

Jawaban

Herry SW
Padahal, sinyal ada dan paket internet masih berlaku ya, Pak? Coba ini:
  • Masuk ke settings
  • Data usage
  • Hilangkan tanda centang pada “set mobile data limit”
  • Nah, pada grafik, garisnya biasanya menunjukkan angka 2 GB. Ubahlah menjadi ekstrabesar. Misalnya, 10 GB.
  • Matikan ponsel, lalu nyalakan lagi.
Terima kasih, Salam.

Yora Friano
Paket data masih berlaku.. Saya sudah cobaa saran Om Hery.. Tetap tidak berhasil.. Mungkin ada pencerahan lain..

Armansyah
Temen juga barusan ngeluh hal yang sama HH-nya lenovo s880 dan pake 3.

Fajar Herriyanto
Ikut menyimak, soalnya lenovo a690 saya juga sudah 2 hari ini tidak bisa konek internet, dicoba pindahin ke HH lain datanya jalan.
Salam

Justinus
Minggu lalu temen make S880 juga sama, dengan kartu halo ternyata dia baru inget abis update firmware. reset deh dan.......normal, jalan lagi data nya

Yora Friano
Om Justinus.. Cara resetnya bagaimana? Maklum lenovo android newbie

Gusti Muharama
Dulu adik saya pake lenovo juga Bermasalah juga di kartu 3 Kalo ga salah cara solvenya di setting APN semua dikosongin aja kecuali nama apn username dan password nya 3data. Jadi kalau ada proxy dihapus, setelah itu ga ada masalah sih.

Yora Friano
Setelah factory reset, data connection normal lagi. Baca forum lain, sepertinya lenovo ini ringkih kalo kelupaan matiin wifi setelah pergi dari jangkauan hotspot. Apa ada aplikasi yang otomatis turn-off wifi yah kalo sudah ndak ada asupan wifi ?
Thanks.

Pascalis S H
Wahhh ternyata s880 saya juga mengalami hal yang sama... dari pagi sampai email ini ditulis... sekarang koneksi Pake wifi...
Cara factory reset bagaimana ya?
Dan apa saja yang hilang/berubah?
Apa perlu setting APN lagi?
Tq pencerahannya...

Herry SW 
Jurus paling jitu dan selama ini selalu berhasil: Lenovo-nya di-reset.
Namun, kalau mau coba cara lain dulu, silakan mengecek hal-hal berikut ini:
  1. Masuk ke Settings, SIM Management, lalu Default SIM. Pastikan nomor yang dipakai untuk Data Connection sudah benar.
  2. Masuk ke Settings, lalu data usage. Pada tab kartu yang ingin dipakai buat data, pastikan mobile data sudah on. 
  3. Masuk ke Settings, More, Mobile Networks, Access Point Names, lalu kartu yang ingin dipakai berinternet. Pastikan APN yang dipakai sudah benar dan telah dipilih.
Kalau masih belum bisa berinternet, masuk ke Settings, More, lalu untuk sementara hilangkan tanda centang di GPRS transfer prefer mode. Matikan ponsel sekitar satu menit. Nyalakan lagi.
Kini apakah sudah bisa dipakai berinternet? Kalau sudah, masuk ke Settings dan More lagi, kemudian centanglah GPRS transfer prefer mode. Kalau nggak dicentang, panggilan telepon masuk bakal sangat sulit masuk.

Budizainer™
Kalo saya make wlan binding of location. Saya set kalo udah out of range langsung wifi disabled.

Yora Friano
Simpel di menu system setting - backup reset. First backup dulu.

Adi
Atau bisa coba app Wi-Fi Matic. Ini saya pake kalo sudah sampe rumah agar deteksi wi-fi di rumah dan langsung konek seketika caranya dia deteksi dari celltower (BTS) id di lokasi yang ada wi-finya jadi ketika hape sudah masuk dalam cell tower tertentu, dia otomatis akan menyalakan wi-fi dan berlaku sebaliknyalebih ringan dan ga bikin panas hape.

Pascalis S H
Pak Herry, saya sudah melakukan langkah2 sepeti yang diberikan, namun masih belom bisa juga...sekarang lagi coba jurus jitu lenovo-nya di reset. Terima kasih , kalo masih belom jitu juga... langsung dibawa ke service centernya deh... hihihihi

Catur
memang cara terampuh kayaknya pakai Reset. Saya waktu pertama kali pakai s880 kebetulan juga mengalami hal serupa, dah googling and pakai beberapa metode ubah apn, ganti kartu, ubah settingan dll, masih mentok cuman bisa dipake sms-telp-wifi. Akhirnya terpaksabackup data sms, reset...nyala, langsung ON dah datanya. Sekedar sharing pengalaman pribadi saja* Btw, Sampai sekarang belum nemu penyebab lenovo s880 banyak kejadian seperti itu (data off), mungkin para suhu lain ada yang tahu? Thanks and Regards.

Pascalis S H
Hmmm.... Sudah 2x factory reset ... masih tetep gak bisa internetan... padahal tanda koneksi lancar (H dan segitiga naik dan turun nyala)... Kenapa yah? Setting yang diberikan pak HSW juga sudah benar..

Rheza
Suhu-suhu, mau numpang tanya nih. Saya sudah pake si Lenovo berapa minggu..puas...tapi masalah muncul ni..pagi ini saya daftr internet tri (sebelumnya telkomsel lancar jaya).eh ga bsa jalan padahal setting apn dan teman2 nya sudah..trus saya test d hp lain dengan nomor tri ini..trnyata internetnya udh jalan.penasaran saya cba nomor tri lain yang internetnya sudah jalan di HP lain tes di lenovo ini..alhasil ga jalan...saya taro sim di slot 1..ada pemecahannya ga ya?

Sabdo Hastopo
Beberapa bulan adik saya juga mengalami hal yang sama untuk Lenovo S880 sudah coba macem-macem cara tapi tetap gak bisa ,,, mau gak mau di coba Factory reset dan akhirnya normal lagi sampe sekarang.

Rheza
terima kasih atas balasannya...di tri udah dapet 3G..tapi entah kenapa ga bsa jalan..konfigurasi aapn, mobile data sudah benar..tadinya disandingkan dengan telkomsel..gagal..lalu saya keluarkan jadi yang digunakan hanya 1 slot 3G untuk tri saja..
solusinya coba factory reset? hehehe....

Dewono
Soalnya pernah kejadian seperti itu juga, tapi di HTC Desire V. Simcard XL disandingkan dgn Isat. Internet lambat sekali. Setelah dipindah ke HP lain, gak masalah, bisa browsing kenceng. Tapi pas dikembalikan ke HTC Desire V, jadi lemot lagi.
Akhirnya coba dioffkan saja satu simcard nya (yg Isat), eeh, langsung ngacir. Pas dihidupkan lagi Isatnya, lemot lagi. Wah, kayanya ini gara2 disandingkan sama Isat, jadi terganggu. Akhirnya coba disandingkan dengan Tri, sampai sekarang gak masalah. Internet XL ngacir aja walaupun Tri nya aktif.
Dugaan saya sih, melihat tabel yg kominfo, blok XL dan Isat kan deketan, mungkin ada interferensi. Sedangkan XL dengan Tri kan cukup jauh, jadi kemungkinan interferensi kecil. Tapi ini dugaan saya saja sih. Walaupun kenyataannya, demikian.  Salam.

David Hermawan
Coba aja satu ato dua operator lain selain yg dipake skrg dan isi paket internet yg sehari aj kemudian atur APN nya.kalo tetep gak mau browsing berarti hh nya..simple

Herry SW
Wah, ini aneh banget. Mungkinkah operatornya sedang mabuk, nomor dalam masa tenggang, atau pulsa habis? Dugaan saya mengarah ke sana karena sudah H dan ada tanda aliran data naik-turun.

Problem Solved!

Pascalis S H
Betul pak HSW, perkiraan saya juga begitu, ada apa-apanya dengan operator yg saya pake, bukan pada lenovonya...dan sore tadi saya iseng ke grapari dan di cek...

Ternyata permasalahan di paket data internet yg saya gunakan (si merah), yaitu paket internet 60ribu, mendapat paket 1gb di jaringan 3G (HSDPA) dan bonus 1gb di jaringan 2G (Edge/gprs) ... setelah dicek paket volume 1gb di jaringan 3G sudah habis, dan memakan pulsa untuk internet sedangkan pulsa habis kemakan data internet yg tidak saya sadari sehingga menyebabkan saya tidak bisa internetan. Info sisa volume dari *889* yg tertera hanya sisa volume internet data (tanpa menyebutkan jaringan 3G atau 2G)
alhasil saya pindah kartunya dari sim1 ke sim2, dan saya ubah data connection nya ke sim2 (yg memang hanya berjalan di jaringan 2G) ... dan internet bisa digunakan dgn sisa paket yg ada (wlpn lemot)

Wah, banyak juga yah yang kena. Punya saya sembuh abis factory reset gara2 kelupaan matiin wifi. Dan jamunya tiap hari pake "wifi matic" :)
sekian... dan problem solved
terimakasih smuanya.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
23 Komentar
23 Komentar
Komentar

23 Komentar:

  1. Setting XL untuk internet di lenovo s880:
    1. Pilih setting
    2. Klik Lainnya
    3. Klik jaringan selular
    4. klik Akses Point Name(APN)
    5. Pilih Operator sim 1
    6. Klik icon buku di kiri bawah
    7. Muncul pilihan, klik APN baru
    8. Isi nama nya bebas. APN diisi: www.xlgprs.net
    lainnya kosongin aja.
    9. trus klik save di icon buku yg berada di sebelah kiri bawah
    10. pilih APN yg baru di buat tadi...
    dijamin sukses gan
    ane jg mengalamin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Sist Siska atas infonya. Untuk kasus di atas, kartunya 3. Rupa-rupanya banyak yang mengalami masalah ini hingga Sist mengalaminya pada kartu XL.

      Delete
  2. udah 3 hari ini hp ku lenovo p700i bermasalah, aq kirim sms susah bgt jarang terkirim sering gagal, aq kan pke 2 kartu. 22 ny sma aja bgtu, pulsa oke, signal jg 3D,kadang G.
    sampe2 aq atur ulang deh, smua instalasi aplikasi udah hilang juga. kenapa ... salah setting atw apa ??? tolong d bantu, bikin BT klo HP bgni
    terimasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurus Fctory Reset nggak berhasil ya sist Fitri?

      Delete
  3. Klo boleh Wifi Matic yang dimaksud yang mana ya ?
    di Google Play ada 2, Wifi Matic (Khad Mobile App) atau Wi-Fi Matic - Auto WiFi On Off (Carlos Prados)

    Mohon pencerahannya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya yang Wi-Fi Matic punya Carlos Prados, Mas Hamid. Apk ini memanfaatkan pendeteksi BTW/tower operator pada hp kita untuk mendeteksi BTS terdekaat.

      Delete
  4. ijin nyimak ya gan

    ReplyDelete
  5. saya pke S880 Wifi saya bermasalah, ada tulisan authentic problem....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Mulyanto.

      WiFi authentication problem berkenaan dengan hak kita menggunakan WiFi. Ada Accesss Point yang mengatur kita boleh terhubung pada koneksi internetnya atau tidak. Beberapa di antaranya menggunakan password untuk sambung. Ada yang membatasi usernya dengan IP tertentu. Yang tidak membatasi namanya dinamis, DHCP. Lihat DHCP nggak tuh.

      Pertanyaan pertama mungkin WiFi siapa yang akan kita pakai?
      Jika wifi kita sendiri, periksa apa ada passwordnya apa nggak. Ngetik pass-nya benar nggak. Coba pakai HP lain (punya teman bisa nyambung apa nggak)

      Jika nggak nyambung, restart saja AP-nya. (dengan asumsi itu milik kita lho hehe.) atau HP kita dulu :D

      Alternatif lain:
      -Masukkan secara manual dengan Add network pada setting Wifi.
      -Cek apakah Mas baru update OS. Jellybean 421 secara default mengaktifkan NFC. Settings > more > hilangkan centang NFC.

      Cek juga yang di sini:
      Mengatasi Error Koneksi Internet Kartu 3

      Delete
  6. Pak Tri, kalau masalah dengan lenovo S880 ku seperti ini:
    Jika saya buka Play store, GMail bahkan Pengaturan'atur ulang' gak bisa dibuka. Masagenya "sayangnya,Play store/Gmail,pengaturan telah berhenti" ini masalahnya apa ya? ntuk coneksi internet gak ada masalah,
    memang HP saya ini suka dimainkan game anak saya yang balita. Apakah ada aplikasi yang ke hapus atau bagaimana? bagaimana cara memunculkan aplikasi-aplikasi tersebut?
    mohon bantuannya, danterima kasih sebelumnya.

    salam,
    Haidar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Mas Haidar,

      Sepertinya perlu restart itu, ada yang error.

      Atau coba clear data Google Play Services melalui
      Pengaturan > Apps.
      Scroll ke bawah cari Google Play Services.
      Pilih Clear Data/ dan Clear Cache, setelah itu Reboot.

      Delete
  7. mas kalau lenovo A690 wifi sudah di hidup kan ketika memindai tidak mendapat jaringan wifi, padahal 1 rumah semua pakai gadget dan bisa, dan tiba" wifi di hp- off sendiri, karena apa ya ? mohon infonya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya ya Mas Nathan.

      Kalau ada auto connect Wifi-nya coba di off-kan.
      Wifi Sleep-nya off-kan. Pencet wifi agak lama. Jika sudah muncul pilih Menu > Advanced > Keep WLAN on during sleep.

      Delete
    2. Pak Tri
      kalau ane gak bisa dapet sinyal internet baik H ataupun Edge
      gimana caranya pak supaya ane dapet jaringan internet lagi supaya bisa internetan padahal paket internet full

      Delete
    3. Jaringan jelek membuat baterai cepat habis karena HP terus mencari sinyal tetapi tidak dapat. Sebaiknya Mode jaringan pilih yang ONLY sinyal yang lebih stabil.

      Delete
  8. mohon bantuannya bang.,
    HH ane lenovo a690 kok kalo terima sms ngga muncul tulisannya/teksnya??
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. mohon bantuannya mas...
    hape saya lenovo a369i, saya pake simpati loop... sudah dipaket flash 1, 5gb pulsanya sudah hilang tapi tetep gak bisa connect
    mohon pencerahannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya belum bisa membantu Mas Ardi karena terlalu general permasalahannya. BTW, apakah 1,5GB itu paketan Simpati midnight? Jangan-jangan hanya bisa dipakai malam hari. :)

      Delete
  10. Mohon pencerahan nya
    HP lenovo S890 tanda data koneksinya hanya panah kebagian atas sementara tanda panah ke bawah tidak muncul, sudah coba dengan tiga jenis operator tapi hasilnya sama..sehingga tidak bisa internet.kenapa ya?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paket apa yang Anda pakai? Jangan-jangan ada paket yang hanya memperbolehkan koneksi up saja. :D
      Sudah mencoba factory reset yang disarankan? Jangan lupa backup contact dan data dulu.

      Delete
  11. mas TRI....hp saya lenovo s890 jg...masalah sama dgn agan yg diatas...hanya ada panah ke atas saja...udah factory reset...flash firmware ori jg...ganti hardware ic pa jg....tetapi msh nihil om.pake provider apa aja jg sama..mohon pencerahan...

    ReplyDelete

Translate This Page into