Home » , » Soal Matematika dari Singapura untuk Anak Usia 14 Tahun Menggemparkan Dunia!

Soal Matematika dari Singapura untuk Anak Usia 14 Tahun Menggemparkan Dunia!

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Tuesday, April 14, 2015 | 5:14 PM

Sebuah soal matematika dari Singapura yang diposting di Facebook oleh seorang presenter acara TV "Hello Singapore" Kenneth Kong Jianwena telah menggemparkan dunia maya. Jutaan komentar dan share telah dilakukan oleh pembacanya terutama karena saat kali pertama dibaca, soal ini nampak membingungkan karena petunjuknya yang sangat terbatas, dan Kenneth Kong pada awalnya mengatakan bahwa ini adalah soal untuk anak usia 10 tahun (kelas lima SD). Soal ini semakin viral ketika orang dewasa memberikan jawaban yang berbeda-beda. Inilah soalnya:

Soal Matematika dari Singapura yang Menggemparkan Dunia
Soal Matematika dari Singapura yang Menggemparkan Dunia
Albert and Bernard just became friends with Cheryl, and they want to know when her birthday is. Cheryl gives them a list of 10 possible dates.

May 15 May 16 May 19
June 17 June 18
July 14 July 16
August 14 August 15 August 17

Cheryl then tells Albert and Bernard separately the month and the day of her birthday respectively.
Albert: I don’t know when Cheryl’s birthday is, but I know that Bernard does not know too.
Bernard: At first I don’t know when Cheryl’s birthday is, but I know now.
Albert: Then I also know when Cheryl’s birthday is.
So when is Cheryl’s birthday?

Terjemahan Soal Matematika Kenneth Kong Jianwena

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl, dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl memberikan 10 tanggal pilihan, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian memberitahu mereka berdua secara terpisah, ia memberi tahu bulannya pada Albert dan tanggalnya pada Bernard.

Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:

Albert: Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya tahu Bernard tidak mengetahuinya juga.
Bernard: Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.
Albert: Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?

Cara Memecahkan Soal Matematika Kenneth Kong

Soal ini sebenarnya dapat dipecahkan dengan logika. Bisakah Anda memecahkan soal yang membuat geger dunia maya ini? Jika tidak, ini dia jawaban yang memecahkan soal ini:

Langkah Pertama

Kita daftar dulu kemungkinan tanggal yang diberikan seperti tabel di bawah.

Jawaban pertama soal matematika Kenneth Kong
Langkah pertama soal matematika Kenneth Kong

Langkah Kedua

Dari pernyataan pertama, kita tahu bahwa Albert yakin bahwa Bernard tidak mungkin tahu tanggal ulang tahunnya. Jadi, Mei dan Juni harus dicoret dari daftar kemungkinan. Alasannya adalah karena tanggal 19 hanya muncul pada bulan Mei dan tanggal 18 hanya muncul pada bulan Juni. Dengan kata lain, jika Albert diberitahu bulannya adalah Mei atau Juni, maka Albert tidak mungkin mengatakan yakin bahwa Bernard tidak tahu, karena Bernard bisa saja diberitahu tanggalnya 18 atau 19 (mengingat alasan di atas). Kesimpulannya bulan yang diberitahukan Cheryl ke Bernard adalah antara Juli dan Agustus.

Soal Matematika dari Kenneth Kong

Langkah Ketiga

Bernard menyatakan bahwa (dari pernyataan pertama Albert) akhirnya dia tahu hari ulang tahun Cheryl, walau sebelumnya dia tidak tahu. Seperti kita tahu, Bernard diberitahu tanggalnya saja oleh Cheryl. Kini ia menyatakan tahu harinya (tanggal dan bulan). Artinya, tidak mungkin tanggalnya 14, karena 14 terdapat pada bulan Juli maupun Agustus. Jadi Bernard diberitahu antara 16 Juli, 15 Agustus, atau 17 Agustus.

Soal Matematika dari Singapura

Langkah Keempat

Albert yang semula hanya tahu bulan akhirnya juga yakin tahu hari ultah Cheryl. Itu berarti bulan yang diberitahukan Cheryl padanya pastilah Juli, dan tidak mungkin Agustus karena jika diberitahu bulan Agustus Albert akan masih bingung karena masih ada dua alternatif tanggal, yaitu 15 dan 17. Akhirnya, ketemu hari ultah Cheryl: 16 Juli.


Pertanyaan ini adalah pertanyaan ke-24 dari 25 pertanyaan yang sedianya akan diujikan untuk menyaring anak-anak terbaik usia 14 tahun (SMP kelas 2 dan 3) dalam Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO) pada 8 April. SASMO mengonfirmasi hal tersebut dan membuat pernyataan sekaligus jawaban resmi yang bisa dilihat di SINI.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into