Home » , » Tips Mengatasi Obesitas pada Anak

Tips Mengatasi Obesitas pada Anak

Diceritakan oleh Unknown pada Tuesday, January 13, 2015 | 2:24 PM

Tips Mengatasi Obesitas Pada Anak - Obesitas adalah sebuah dampak dari tertimbunnya lemak di dalam tubuh yang kemudian menyebabkan berat badan menjadi bertambah secara tidak normal. Penderita dari obesitas itu sendiri lebih banyak dialamai oleh perempuan dibanding dengan kaum pria. Pada wanita, penimbunan lemak yang berlebihan akan sangat terlihat pada bagian pinggul dan bokong, sementara pada pria pada umumnya terjadi pada bagian perut.

Kondisi ini bisa disebabkan karena pola makan yang kurang tepat. Selain dikarenakan pola makan atau diet yang kurang tepat, obesitas bisa juga disebabkan karena adanya faktor genetika. Terlepas dari apapun penyebabnya, obesitas merupakan hal yang sangat merugikan dari segi kesehatan maupun psikologi.

Pola makan yang tidak tepat menyebabkan obesitas pada anak (foto: Joe 13)
Secara umum, obesitas bisa terjada pada berbagai gender dan tidak mengenal batasan usia. Pada seorang anak, obesitas sangat merugikan dari segi psikologis dan kesehatan. Pasalnya, seorang anak yang mengalami obesitas akan mengalami penurunan kepercayaan diri sehingga bisa menyebabkan depresi atau kecemasan. Sedangkan dari sisi kesehatan, obesitas pada anak bisa menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes saat dewasa nanti serta sangat rentan untuk terkena hipertensi. Dalam kondisi tertentu, obesitas bahkan bisa memicu terjadinya stroke dan serangan jantung.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak, bisa dilakukan dengan menimbang berat badan. Apabila berat badan seseorang berada pada dikisaran 20 - 40% dari berat ideal badan, berarti orang tersebut menderita obesitas ringan. Sedangkan bagi mereka yang memiliki berat 41 - 100% dari berat ideal, maka kondisi ini bisa digolongkan sebagai obesitas sedang. Nah, apabila kelebihan berat yang dialami ternyata lebih dari 100%, maka obesitas yang dialami berada pada kondisi berat.

Tips Mengatasi Obesitas pada Anak

Untuk anak yang menderita obesitas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengatasi hal ini.

- Diet yang tepat

Sediakanlah makanan yang bergizi dan beberapa makanan ringan. Sebaiknya sajikan buah dan sayur dalam menu makanan, serta ajarkan pula sang anak mengenai makanan sehat dan biarkan dia memilih makanan sehat yang sesuai dengan lidah mereka.

- Olahraga

Olahraga pada anak merupakan langkah yang tepat untuk mencegah serta mengatasi masalah obesitas mereka. Pada anak, olahraga bisa dilakukan dengan membiarkan mereka bermain di luar ruangan yang membuatnya akan melakukan banyak aktifitas fisik.

- Batasi menonton TV

Tips mengatasi obesitas pada anak selanjutnya adalah dengan membatasi jam menonton TV. Selain pada anak, kebiasaan menonton TV juga sangat sering dikaitkan dengan obesitas yang dialami oleh orang dewasa. Untuk itu, peran dari orang tua dalam membatasi jam menonton TV sang anak merupakan langkah yang tepat untuk membantu mereka mendapatkan berat badan yang ideal.

- Istirahat yang cukup

Pastikanlah agar anak Anda memiliki jam tidur yang cukup. Untuk anak-anak yang berusia 6 - 9 tahun, dibutuhkan waktu tidur sebanyak 10 jam setiap malamnya. Bagi anak-anak dengan usia 9 - 12 tahun, dibutuhkan waktu tidur sekitar 9 jam. Sedangkan bagi mereka yang sudah remaja, waktu tidur sebanyak 8 jam sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuhnya.

***

Obesitas siap menyerang siapa saja yang tidak bisa mengontrol pola makannya. Dampak kesehatan dan psikologis merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi seorang anak yang menderita obesitas. Oleh karena itu, hindarilah anak Anda dari kondisi tersebut dengan menerapkan tips mengatasi obesitas di atas.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into