Home » , , » Tips Cara Mengatasi Balita Rewel tanpa Sebab di Malam Hari

Tips Cara Mengatasi Balita Rewel tanpa Sebab di Malam Hari

Diceritakan oleh Yusifi Erna pada Wednesday, April 30, 2014 | 12:40 PM

Suatu malam kira-kira jam 23.00 WIB anak saya yang berumur dua tahun, tiba-tiba bangun dan menangis tanpa sebab. Awalnya menangis biasa saya kira sedang ngelindur atau mengigau, tetapi lama-lama tambah keras dan sulit diam. Saya sempat panik karena malam itu saya di rumah sendiri tanpa suami (kerja lembur). Itulah pengalaman pertama melihat anak rewel tanpa sebab di malam hari. Alhamdulillah, seiring pengalaman sebagai ibu bertambah, saya akhirnya menemukan cara mengatasinya, itupun tanpa sengaja karena kepanikan saya. 

anak menangis tanpa sebab di malam hari
Anak Anda menangis dan rewel tanpa sebab di malam hari? Tak perlu panik. :)
Kadang-kadang banyak orang beranggapan anak yang menangis tanpa sebab itu sedang diganggu setan. Tenang, Bu, tak perlu panik. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut pengalaman saya, yang lebih sering terjadi adalah anak menangis karena baru saja mimpi buruk akibat terlalu capek bermain di siang harinya. Bisa juga penyebabnya adalah kondisi alami lain yang sama sekali bukan supranatural seperti yang sering kita bayangkan.

Untuk mengatasinya, berikut saya berikan enam tips cara mengatasi anak rewel tanpa sebab:
  1. Gendong balita yang rewel, lalu ambil air putih dan suruh minum (kalau bisa diam). Jangan berikan minum kalau masih menangis, nanti si anak bisa tersedak. Ternyata penyebab anak rewel di malam hari adalah karena merasa haus.
  2. Kalau belum bisa diam, usapkan air tersebut ke kepala anak, sedikit saja tidak usah disiram. Rahasianya, balita sering merasa kepanasan di cuaca yang tidak menentu, sehingga dia gelisah lalu menangis kepanasan. Cara ini saya pakai untuk memberi rasa dingin ke tubuh anak saya.
  3. Bacalah surat Al-Fatihah sebanyak 3 kali, tiupkan ke ubun-ubunnya. (kalau beragama selain Islam, bacalah doa supaya anak Anda tenang). Semua doa, mantra, kidung (nyanyian, yang paling sederhana adalah Nina Bobo) dapat memberi efek menenangkan, asal diucapkan dengan lembut dan tulus.
  4. Pandai-pandailah mengalihkan perhatianya. Kalau anak saya suka melihat cicak di dinding, maka saya ajak mencari cicak di dinding supaya diam. Cara ini seringkali berhasil menenangkan balita.
  5. Saat si anak sudah mulai tenang baringkan di kasur. Jika si anak tidak mau, pangku saja kemudian berikan sentuhan kasih sayang setulus-tulusnya dengan mengusap rambut atau mengelus punggungnya sambil berdendang meninabobokan dia.
  6. Jika masih menangis dan belum bisa diam, tidak ada salahnya Anda mencoba menjadi aktor malam itu. Mendongeng atau bercerita adalah cara ampuh untuk menenangkan anak saya. Saya suruh anak berbaring, kemudian saya ambil boneka, guling atau sejenisnya gunakan sebagai media bercerita. Anda pun bisa melakukannya dengan membuat cerita yang lucu dan menyenangkan. Jangan lupa, tambahi dengan ekspresi wajah yang meyakinkan. Pasti anak anda akan diam dan mendengarkan cerita anda sampai tertidur.
Inti keenam tips di atas adalah menenangkan diri anak tanpa perlu harus panik. Kasih sayang ibu adalah obat paling manjur bagi anak. Insya Allah. Sekian +Tukar Cerita saya kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat. 

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into