Home » , » Cara Menghilangkan Iklan Google Custom Search di Blog

Cara Menghilangkan Iklan Google Custom Search di Blog

Diceritakan oleh Unknown pada Thursday, April 17, 2014 | 2:33 PM

Memasang Google Custom Searche Engine (CSE) di blog sangat berguna untuk memudahkan pengunjung mendapatkan konten yang sesuai dengan yang mereka cari di blog kita. Untuk mulai membuatnya, Anda perlu masuk atau login ke https://www.google.com/cse. Di sana Anda bisa mulai mendesain sendiri tampilan search engine sesuai tema blog, misalnya warna, bentuk kotak pencarian, halaman hasil pencarian (SERP), font link, font snippet, dan banyak lagi bagian search engine. Oleh karena itulah, fasilitas ini disebut custom, yaitu Anda bisa melakukan modikasi sesuai selera, yaitu melalui tab drop-down Edit Search Engine, dan pilihan menu di bawahnya, yaitu: Setup, Look and feel, Statistic and Logs, dan Business (yang terakhir ini khusus CSE versi Bisnis).

Selain hal tersebut di atas, masih ada satu lagi kelebihan Google, yaitu kita bisa bisa mendapatkan keuntungan dengan cara memonetasi Google CSE dengan iklan Google Adsense. Syaratnya kita harus mempunyai akun Google Adsense. Selanjutnya Anda perlu membuat sebuah CSE melalui akun Goole Adsense tersebut. Cara memonetasinya dengan Google Adsense sangat mudah, yaitu:
  1. Klik Setup pada tab sebelah kiri
  2. Pilih Make Money pada tab bagian atas dari Setup 
  3. Anda tinggal klik tombol ON/OFF untuk mengaktifkan atau mematikan monetasi
Lebih jelasnya lihat gambar di bawah:

Monetasi Google Custom Search dengan Adsense
Memonetasi Google Custom Search dengan Adsense

Jika berhasil, nanti tombol akan terlihat biru pada ON (nomor 3), dan di bawahnya akan tertulis:

"The account is associated with AdSense id: [ID Google Adsense Anda]

Sesudah kita modifikasi dan monetasi dengan iklan, tampilan halaman pencarian di blog kita nanti kurang lebihnya adalah sebagai berikut:

Tampilan halaman Google CSE monetasi Adsense
Tampilan halaman Google Searche Engine Tukar Cerita

Cara Menghilangkan Iklan Google Custom Search di Blog

Sebagian teman menganggap ini punya sisi minus, karena iklan Google muncul above-the-fold sehingga mendorong hasil pencarian ke bawah. Akibatnya, pengunjung lebih berfokus pada iklan daripada konten pencarian blog kita. Tetapi sebenarnya kedua hal itu tergantung pada keinginan kita masing-masing. Anda bisa memilih dapat keuntungan iklan atau Anda lebih mementingkan kepuasan pembaca blog Anda dengan halaman hasil pencarian yang tanpa iklan. Untuk memilih kedua alternatif tersebut, Anda tinggal klik ON/OFF pada langkah nomor 3 di atas. Mudah, kan? 

Sekian +Tukar Cerita kali ini. Selamat memodifikasi Google Custom Search, memonetasi iklan, dan memuaskan pembaca blog Anda! :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into