Home » , » Cara Melaporkan dan Menghindari Cheating dan Disconnected dari Server di Chess.Com

Cara Melaporkan dan Menghindari Cheating dan Disconnected dari Server di Chess.Com

Diceritakan oleh Unknown pada Tuesday, January 7, 2014 | 8:46 AM

Bermain catur online di Chess.Com sangat mengasyikkan, bahkan kadang membuat lupa waktu. Sayangnya, tidak semua pemain catur online bertindak jujur. Ada juga yang berlaku curang. Banyak hal yang memungkinkan tindakan curang (cheating) dalam catur online. 

Cara Menghindari Cheating di Chess.Com

Salah satu tindakan curang tersebut adalah bahwa pemain dengan mudah dapat berkonsultasi dengan software catur kuat seperti Fritz, Houdini, dan lain-lain pada komputer yang berbeda.  Untuk mengatasi hal itu, Chess.Com mengklaim bahwa mereka melakukan semacam data statistik yang membandingkan langkah-langkah manusia (pemain di Chess.Com) vs mesin untuk dianalisa. Sayang tidak ada detail bagaimana teknik itu dilakukan. Saya sendiri tidak pernah memainkan catur klasik atau catur cepat untuk menghindari kecurangan atau cheating semacam itu. Selama ini saya hanya bermain blitz dengan timer 1 menit mencegah pemain lawan berkonsultasi dengan engine. Lagi pula, saya bermain catur online just for fun, kalau lama-lama mikir bisa stress, hehehe. Namun demikian,  catur kilat juga punya kekurangan, khususnya masalah timer. Oleh karena itu, pemain yang memiliki koneksi lelet, lemot, bin lambat sebaiknya tidak memainkan blitz satu menit karena bad connection seringkali membuat waktu Anda habis. Alih-alih mendapatkan hiburan dan kesenangan, bisa-bisa justru sewot alias emosi yang terjadi pada diri Anda.


Nah, posting artikel kali ini berhubungan emosi sewaktu main catur online. Hal itu kadang terjadi pada diri saya sendiri: kalah waktu ketika merasa tidak ada masalah koneksi. Suatu saat saya pernah melaporkan seseorang atas dugaan cheating karena merasa timer saya aneh, tiba-tiba habis. 
Laporan dugaan cheating saya:
my internet connection is fine but suddenly connection to chess.com interrupted. when i log in back, i lost. I suspect him time lagger.
Laporan dugaan ini ditanggapi dengan baik oleh administrator Chess.Com seperti di bawah ini.

Melaporkan dugaan cheating di Chess.Com
Melaporkan dugaan cheating di Chess.Com
Apa kabar Cahyo,

Saya ikut sedih mendengar pengalaman Anda di Live Chess. Namun, aku pastikan bahwa lawan Anda tidak akan mungkin dapat mempengaruhi jam atau koneksi Anda.
Sayangnya, mempunyai koneksi internet bagus dan cepat pun tidak berarti Anda tidak akan mengalami putus koneksi di saat-saat tertentu.

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan disconnected dari server catur.

Beberapa Hal yang Mengakibatkan Disconnected dari Server Catur

  1. Dalam waktu lama tidak membersihkan cookies (kuki) & history (riwayat) 
  2. Men-download atau upload selain bermain catur (mengirim email pun akan mempengaruhi)
  3. Menginstall aplikasi chatting dan mengaktifkannya
  4. Menginstall   software antivirus yang memakan memori
  5. Pada saat yang sama melakukan browsing konten streaming
  6. Menginstall adds-on browser
  7. Menggunakan modem USB wifi

Cara Menghindari Disconnected dari Chess.Com

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan risiko putus koneksi saat bermain catur online:
  1. Gunakan browser yang terpercaya: Google Chrome atau FireFox - jangan Internet Explorer
  2. Batasi aplikasi chatting, media player, YouTube (dan sebagainya), mengirim dan menerima email, browsing pada tab lain, atau apapun yang dapat memakan memori banyak.
  3. Lakukan maintenance atau perbaikan harian: bersihkan cookies (kuki), history (riwayat), dan cache atau file internet temporer.
  4. Untuk sementara hentikan dulu aplikasi yang kinerja di baliknya banyak memakan memori.
Saya harap Anda bisa menikmati permainan Anda hari ini!
Kansha


Kesimpulan

Ternyata menurut Admin Chess.Com,saya yang suuzhan dan sayalah yang salah pada kasus di atas. Bagaimanapun juga, tips-tips yang diberikan admin di atas sangat membantu dalam memahami apa yang terjadi di sebuah server online. Demikian +Tukar Cerita kali ini kawan. Jika bermanfaat, silakan share via Facebook dengan mengeklik tombol share di bawah ini. Selamat bertukar cerita!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into