Home » » Tujuh Desainer Template Blogspot Terbaik Dunia Ternyata dari Indonesia

Tujuh Desainer Template Blogspot Terbaik Dunia Ternyata dari Indonesia

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, June 9, 2013 | 10:18 AM

Mengawali belajar membangun blog tanpa rencana pada ujungnya membuat saya kaget saat menemukan sesuatu yang menurut saya termasuk luar biasa. Dari berburu tutorial hingga template blogspot, saya mendapati bahwa di antara para desainer dan suhu tutorial blogspot ternyata berasal dari Indonesia. Yang membuat saya ikut bangga, para geeks itu menjadi rujukan narablog seluruh dunia. Hal itu terlihat dari laman-laman penyedia template dunia. Mereka banyak berbagi template gratis maupun berbayar dari beliau-beliau ini. Nama beken mereka juga dari komentar pengunjungnya yang tiak hanya berasal dari seluruh Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara di dunia.

Dari pengamatan saya, berikut ini para suhu blogspot Indonesi yang saya masukkan sebagai Top Desainer Blogspot Dunia versi saya:

  1.  Mas +Taufik Nurrohman a.k.a. DTE :] Selain menguasai HTML, beliau termasuk pakar CSS3 dan JQuery. Kalau tidak salah, bahkan laman beliau yaitu www.dte.web.id hampir seluruhnya terdiri dari kode CSS3 (sok tau). Para desainer template yang menobatkan beliau sebagai jagoan blogger atau blogger terbaik Indonesia. Tutorial CSS3 dan script buatan beliau sangat orisinil, dan banyak yang berguru pada beliau. Saya termasuk yang hanya sebagai pengguna. Beliau ini juga bisa membuat gambar papan catur atau font huruf dengan kode. Sayangnya, saya seringkali tidak bisa mengikuti logika bahasa pemrograman yang beliau paparkan karena ceteknya pemahaman saya. Kalau Anda hobi pemrograman web khususnya CSS3, rasanya Mas Tovic ini orang yang tepat untuk diajak sharing pengetahuan. 
  2. Mas Helmi Arifin a.k.a. Mas Kolis. Template beliau sudah beredar di seluruh dunia yang membuktikan beliau layak disebut desainer terbaik. Template terbaru beliau banyak dipakai karena sudah responsive. Beliau mempunyai web berbahasa Inggris khusus untuk menampung template ciptaan terbaiknya yaitu mastemplate.com. Berbagai jenis template beliau ciptakan, mulai dari template responsive, majalah, koran, video, hingga toko online. Saya dulu jatuh cinta pada Mas Kolis karena mencarikan template toko online gratis buat istri. :) Di tengah kesibukan kerja tetap dan waktu-waktu untuk liburan ke Hawai, beliau masih telaten menjawab permasalahan yang dihadapi teman-teman pemula seperti saya. Kalau saya cermati, pengunjungnya banyak juga yang berasal dari negara lain.
  3. Mas Makmur a.k.a. +Satank Mkr . Sama seperti Mas Helmi, beliau juga mempunyai bisnis template di situs internasional beliau ivythemes.com. Template-template responsive beliau sangat disukai dan banyak yang menobatkan karyanya sebagai template terbaik terutama karena alasan desain yang sangat bagus dan optimasi yang menurut saya sempurna mengingat statusnya yang gratis. Ketika saya tes template-template responsive beliau, saya melihat layout mobilenya cukup presisi dan smooth sehingga nampak cantik. Oleh karena itu, selain dari Mas Kolis saya juga memakai template beliau ini. Bahkan saya pernah mencoba memesan template premium, tetapi beliau tolak karena sesuatu hal yang sepertinya berkaitan dengan hak cipta.
  4. Mas Herdiansyah Hamzah. a.k.a. Kang Herdi. Jangan kaget kalau saya menyebutkan background template designer yang satu ini. Latar belakang pendidikan Kang Herdi adalah lulusan UGM. Beliau menyandang gelar L.L.M. yang merupakan gelar master di bidang hukum. Beliau sekarang terdaftar sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Mulawarman. Waduh, ngeri saya kalau bahas latar beliau, haha. Saya suka kutipan ucapan Pramoedya Ananta Toer yang ada di profil beliau, "orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." Saya menemukan karya-karya beliau diunggah di borneotemplates.com ketika saya mencari template responsive gratis beliau yang bernama Responsive-templates, ternyata beliau pemilik borneo templates. Desainer template dan dosen hukum? Terbaik!
  5. Mas Iksandi Lokajaya. Saya mengenal nama Mas Iksandi ini ketika mencari template yang mirip Pinterest. Template Galauness beliau direkomendasikan oleh Google sebagai salah satu template terbaik versi Pinterest theme sehingga banyak yang suka. Ternyata template beliau juga kontributor borneotemplates. Hmm, mau cerita apalagi ya. Menurutku beliau agak misterius dan juga seorang bookaholic (sok teu ngawur saya simpulkan dari widget goodread di blog pribadi dan artikel target membaca beliau, hehehe). Oh ya, beliau memiliki moto yang kurang lebih memiliki makna seperti yang disampaikan Kang Herdi, yaitu Scribo Ergo Sum yang artinya menulis maka aku ada. Desainer template dan bookaholic? Pasti terbaik dong!
  6. Kang Ismet. Kalau tidak salah Kang Ismet ini bangkotan narablog bersama angkatan Enda Nasution atau Bung Isnaini. Soalnya mulai tahun 2001 saya belajar ngeblog saya sudah mendengar nama beliau. Ah, tetapi saya nggak yakin, soalnya otak saya ini lumayan susah mengingat sesuatu. Hehehe. Yang jelas beliau senior buat saya. Salah satu hal yang patut saya tiru dari beliau, walau senior beliau mau belajar dari yang muda-muda seperti Mas Taufik (Emang Mas Tovic muda? Cuma nebak ajah, >.<). Oh ya, dari blog beliau yang barusan saya rangkaki, saya menjadi tahu bahwa bisnis di internet khususnya bagi yang punya skill desain seperti beliau sangat menjanjikan. Penghasilan beliau dari internet lebih dari 100 juta. Itu uang beneran apa uang monopoli sih? Kaya dari desain? Top dah! Tidak Percaya? Cek saja galeri template beliau di gallerybloggertemplates.com
  7. Mbak +Asma Watie Farial Ini srikandi blogger kita. Beliau juga karyanya mulai mendunia. Sepengetahuan saya masih belum banyak template beliau yang beredar. Tapi bukan berarti template karya beliau tidak bagus. Beliau suka template yang sederhana, terlihat dari beberapa theme beliau berjudul simple. Sepengetahuan saya, masih sedikit pembuat template wanita di Indonesia. Dari tujuh desainer terbaik di sini, enam di antaranya cowok. Hanya Mbak Asmawati ini yang mewakili kaum perempuan. Daripada saya keliru, lebih baik Anda cek langsung ke galeri template beliau di dailybloggertemplates.com
Catatan:
  • Foto Maskolis yang saya pajang di atas sana hanyalah foto editan teman-teman Kompasianer beliau. Bisa jadi benar bisa salah. Maklum beliau ini termasuk misterius seperti Mas Taufik. Tetapi daripada Tukang Cerita di sini penasaran ya mending saya pajang saja. Haha.
  • Untuk profil pic Mas Taufik tidak ada di lamannya. Mungkin pesan Mas Taufik ini bisa mengklarifikasinya dan menghilangkan penasaran kita: "Saya hanya ingin menjadi sesuatu yang bisa dibaca, bukan bisa dilihat." Update 30 Juli 2013 foto Mas Tovic dapat dari latitudu.blogspot.com info dari +Kang Ismet 
Demikian tujuh desainer template blogspot terbaik yang berasal dari Indonesia. Saya harap para desainer yang tidak saya sebut di sini tidak usah gusar. Jika saya tidak menyebut Anda itu hanya karena saya blogger pemula yang belum banyak tahu. Insya Allah selanjutnya akan saya bahas tentang Narablog Indonesia Favoritku. Mungkin nanti Anda saya masukkan ke sana. Tunggu ya. Salam tukar cerita. :)
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
27 Komentar
27 Komentar
Komentar

27 Komentar:

  1. ternyata maskolis helmi arifin masih kalah sama taufik nurohman

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa jadi begituh... karya"nya saja sudah tesebar di berbagai situs dunia...

      ayo ao ada yg tau ga muka asli bang taufik????????

      Delete
  2. Saya sudah tau namanya Helmi Arifin dari Domain Whois

    ReplyDelete
  3. Maaf sekali mas tricahyo, saya akan menaruh sumber blog ini di blog saya :), sekali lagi maaf ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sama2 Mas Ahmad. Saya juga terlalu emosional. Hapus saja komentar saya yang kasar. Saya hanya ingin mngatakan di sini bebas mengopi tulisan saya tapi jgn diakui itu milik Anda.

      Delete
  4. Woooow.... saya blogger pemula ko :) terimakasih telah memasukan nama saya walau belum cocok rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemula = pemuda lanjut usia ya Kang. :D

      Kalau saya lihat sejarah Kang Ismet, kalau tidak salah internetan sezaman dengan saya 2001? Tapi saya suka chattingan MiRC dan curhat doang di blog, Kang Is sudah pro. Saya baru tertarik serius ngeblog tahun ini. Sekarang apa yang harus saya lakukan buat mengembangkan blog ini? Mohon saran Kang Is.

      Delete
  5. Sungguh hal yang membanggakan buat Indonesia, semoga saja bertambah lagi 'pendekar-pendekar' blog seperti mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Hengki. Salam sesama blogger.

      Delete
  6. saya setuju mas klo blogger2 di ats mengharumi nama bangsa dgn designnya..
    dua lagi nih klo mnurut rekomendasi saya blogger design terbaik..
    - choki widodo, blog: http://s-wido2.blogspot.com/ galery template: http://w-template.comuf.com/
    - urang kurai, blog : http://urang-kurai.blogspot.com/ galery template: http://btemplates.com/author/urangkurai/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima banyak kasih mas Fatih sudah diperkenalkan ke Mas Choki Widodo. Mas Andre Pandet Rang Kurai sudah diusulkan oleh Kang Kapuk dan memang saya sebelumnya baru tahu sebegitu saja. Tambah panjang ternyata daftarnya. Harus ada jilid 2 nih :D

      Delete
  7. Kenapa yang pada jago blogger di Indonesia berasal dari Jawa Tengah, dan Jawa Timur seperti mas kolis, mas taufik, mas iksandi, mas helmi, mas makmur, dan seterusnya, kenapa bukan orang sumatra/kalimantan/yang lainnya ?, salam kenal sob :D
    http://yoga-tc.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum tahu asal beliau-beliau Mas +Yogi Pratama. Master Desainer template blogger dari Indonesia ada yang berasal dari sumatera tepatnya Bukittinggi adalah Mas +Andre Pandet Rank Khoerai sebagaimana diinfokan Kang Kapuk.

      Delete
    2. Yup, Urang Kurai jg merupakan salah 1 designer template populer. Kurang dikenal? Mgkn karena template buatannya memang tidak mengusung tema 'pasaran'. Dia lebih fokus ke Magazine dan Photography.

      Delete
  8. Makasih mas infonya, keren! baru sadar ternyata banyak orang gila di Indonesia, gila!

    ReplyDelete
  9. Bertambah lagi wawasan saya. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bang. Sudah kunjung balik saya :D

      Delete
  10. jgn lupa 1 lg mas, aingcreations
    beliau orang bali, beliau yg cipta boom like facebook dan Invite ribuan Teman Untuk Bergabung di grup fb. beliau juga ahli dalam memodifikasi template blogger,
    knjung balek mas : www.indodetik.com

    ReplyDelete
  11. Wahhh, ternyata background mereka luar biasa ya Sob. Jujur saja saya menjadi kagum dengan nama-nama yang Sobat sebutkan pada artikel di atas. Oh ya, tidak lupa saya sampaikan salam kenal dan salam berbagi. :)

    ReplyDelete
  12. Keren, saya hanya tau beberapa diantara mereka yang kamu post :)

    ReplyDelete
  13. salut..!!
    salam hormat buat mas makmur ,dan buat semua desainer blog,

    ReplyDelete

Translate This Page into