Home » » Cara Mengatasi Panggilan Masuk Hanya Tampil Nomor Telepon Saja

Cara Mengatasi Panggilan Masuk Hanya Tampil Nomor Telepon Saja

Diceritakan oleh Unknown pada Monday, May 6, 2013 | 11:52 AM

Pernah mengalami kejadian seperti rekan android di bawah ini?

Mau tanya nih, soal HP Lenovo P770. Saya pindah nomor kontak dari HP yang lain. proses pemindahan pake bluetooth dengan file berformat  .vcf. Setelah dikopi ke P770 semua kontak bisa terbaca. Tapi masalahnya, ketika ada panggilan masuk, hanya tertampil nomor telephone, tanpa nama. Padahal nomor tersebut ada di phonebook P770. Taufik Ismail

Sebenarnya masalah ini tidak hanya terjadi pada HP tersebut di atas, tapi sepertinya lebih pada sistem Android Ice Cream Sandwich (ICS) yang secara default menambahkan prefix +<kode negara> pada semua nomor panggilan masuk. Format tersebut disebut format kanonik (canonical form), sistem nomor telepon yang dipatenkan oleh Arul A. Menezes di mana kita bisa melakukan panggilan darimana saja tanpa tergantung lokasi penelpon. Sementara itu, sistem penerimaan panggilan masuk pada ICS tidak di-setting untuk bisa otomatis mengenali/ menyinkronkan panggilan yang memakai tambahan kode negara tersebut dengan nomor kontak di HP kita yang tanpa prefix kode negara. Maka dari itu, masalah panggilan tanpa nama ini terjadi biasanya setelah kita upgrade Android kita ke ICS.

Hal ini dapat diakali dengan beberapa cara, DWOR ya :). Pertama, solusi yang dapat menyelesaikan masalah yang sama yang dialami banyak teman dari berbagai negara berasal dari  +Pruthvi Sabbu. Caranya adalah dengan menghapus akun Google yang kita pakai untuk mem-backup kontak, kemudian ditambahkan kembali (sebaiknya back-up kontak dulu). Cara ini dilengkapi oleh cristianbora dan sukses di forum Google, yaitu dengan Sync dan Resync sebagai berikut:
  1. Antisipasi sebaiknya backup kontak dulu
  2. Lakukan Sync dengan akun Gmail, jika sudah di-sync langsung ke langkah selanjutnya
  3. Stop/disable Sync dengan cara Menu > Settings > Accounts & sync pilih Off
  4. Hapus semua kontak dari HP. Caranya pilih Menu > Manage Apps. Scroll ke bawah pilih Contacts Storage and press Clear Data. Atau, bisa juga dengan pilih People > Menu > Delete > centang All > Delete
  5. Lakukan Sync kembali dengan akun Gmail
Cara Syncnya dengan menghapus akun Google-nya adalah:
  1. Menu > Settings > Accounts & sync 
  2. Pilih akun Google-nya > Menu > Remove account
  3. Tambahkan lagi akun yang telah diremove, lakukan Sync  dengan memilih apa yang perlu di Sync dengan mencentangnya. Proses sync berjalan ditandai dengan simbol sync yang berputar dan hilang saat proses selesai. 
  4. Saat sudah menyelesaikan semua langkah di atas, nama pada kontak dan panggilan akan dapat muncul.
Izzatnexus mencoba cara lain yang bisa berhasil mengatasi masalah munculnya nomor tanpa nama ini, yaitu melakukan export-import kontak.
  1. Menu > People > Import/Export > Export to storage > (Pilih kontak SIM atau HP yang akan diekspor) lalu OK > Select All > Export
  2. Menu > People > Import/Export > Import from storage > pilih akun Google tempat membuat kontak lalu biarkan mencari file vCard > Import one vCard file > OK > (Pilih file-nya yaitu yang sudah kita ekpor sebelumnya lalu OK 
Cara ini membuat nama kontak menjadi dobel, maka dilakukan merge kontak:
  1. Menu > Settings > Accounts & Sync lalu Aktifkan (On)> Pilih akun Gmail yang akan di sync > OK
  2. Melalui laptop, buka email > Gmail (di sudut kiri atas) > Contact > Select All > More > Find and Merge Duplicates
Merasa ribet? Cara gampang yang tidak merasa repot adalah menambahkan ekstensi kode negara ke nomor kontak yang tersimpan di HP kita, hanya setelah sebuah nomor memanggil, jadi satu per satu tidak semuanya. Beberapa teman android yang menggunakan HP yang mendukung nomor ganda memasukkan dua format nomor, yang tanpa maupun yang memakai nomor kode negara. Tapi lagi-lagi ribet jika nomor kontak di HP lebih dari 500 seperti pada HH saya.

Ace punya trik agar penggantian nomor tersebut tidak ribet, yaitu melakukan export kontak telepon melalui Gmail dengan format CSV yang bisa diedit dengan text editor seperti MS Excel dan lain-sebagainya. Tinggal CTRL+F (Find) 08 di-replace dengan +628 baru diimport lagi ke Gmail. Ini cara mengganti manual juga, tapi lebih cepat daripada pencet satu per satu. Cara +Javier Victor Mariano Bruno lebih praktis lagi. Setelah gagal mencoba cara mendelete ala +Pruthvi Sabbu dan re sync akun ala cristianbora, dan export import ala izzatnexus juga tidak berhasil, akhirnya memakai apk Right Numbers dari Google Play untuk mengganti format telepon di kontaknya menjadi format kanonik, dan secara otomatis bisa menambah prefix kode area daerah/lokal pada saat kita melakukan telepon. Ada juga yang memakai apk berbayar Google Contact Formatter.

Sementara itu, +Thomas Mühlgrabner mendapati bahwa setelah membiarkan beberapa saat HP-nya berdering menerima panggilan nomor telepon tanpa nama tersebut, HP-nya akan mengenali/menyinkronkan dengan nomor yang ada di HP, walaupun ringtone yang dibunyikan oleh sistemnya salah (sistem membunyikan ringtone default). Coba saja dibiarkan beberapa saat berdering untuk menguji apakah pengalaman Thomas ini berlaku pada semua HP. Dengan pengalamannya tersebut, ia mengasumsikan mungkin saja pencarian kontaknya terlalu lama sehingga membuat ringtone yang berbunyi masih salah.

Pertanyaannya, mengapa Android membiarkan pelanggannya sampai meneliti sendiri sampai sedetil ini ya? Apa karena open source? Au ah. Sekian dulu tukar cerita ngawur saya. Mudah-mudahan meski ngawur bisa bermanfaat. Ngawur and ngarep. :(


Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into