Home » » Pertandingan Catur Terbaik: Vassily Ivanchuk dengan Buah Hitam Mengalahkan Garry Kasparov

Pertandingan Catur Terbaik: Vassily Ivanchuk dengan Buah Hitam Mengalahkan Garry Kasparov

Diceritakan oleh Unknown pada Wednesday, April 3, 2013 | 6:35 PM

Ini dia salah satu pertandingan terbaik Vassily Ivanchuk. Dalam pertandingan ini Ivanchuk mengalahkan Garry Kasparov yang memainkan buah putih. Susah sekali mengalahkan Garry Kasparov jika bermain dengan buah putih dalam pertandingan catur klasik. Dan Ivanchuk melakukannya!  Pertandingan ini berlangsung dalam turnamen catur Horgen, Swis, yang diselenggarakan pada 21 Oktober hingga 2 November 1995. Dulunya turnamen ini bernama Credit Suisse Masters (ingatkah pertandingan Anand vs Kasparov pada turnamen itu tahun 1996 di mana Kasparov membuat blunder yang membuat matanya melotot? Hehehe)

Vassily Ivanchuk vs Garry Kasparov

Opening: Pertahanan Perancis Winawer, Varian Maju (C16)
Analisa oleh Raymond Keene dan KingsCrusher

1. e4 e6 2. d4 d5 3. Kc3
menuju Varian Winawer

3. … Gb4 4. e5 b6
Sebuah kejutan. Langkah yang menarik. Jika Ivanchuk menganggap bahwa langkah e5 membuat diagonal petak terang d3-e4-f5 agak lemah, maka dia akan berusaha menukar gajah terang-nya c8 dengan  gajah putih c1. Harapannya, dia akan bisa membuat pos di f5 dan c4 dengan kuda.

5. a3 Gf8


5. Gf8
Hitam telah memillih system anti-intuitif di mana dia tidak hanya menunda perkembangan perwiranya, tetapi juga mundurkan satu-satunya perwira yang sudah di kembangkan ke baris belakang. Yang dimaksud anti-intuitif adalah berbeda dengan batin kita para amatir yang biasanya bilang jangan mundur ke belakang karena akan kehilangan tempo dan perwira tidak berkembang, jangan bikin bidak tumpuk, dan lain-lain karena semua itu jelek menurut pelajaran catur. Itu berkaitan dengan konsep pengembangan perwira. Sebagai konsep, pengembangan perwira berkenaan dengan seberapa terbukanya suatu posisi. Tapi kita tahu posisi sekarang adalah posisi yang tertutup.

Rupa-rupanya pertahanan seperti ini telah diperhitungkan oleh Ivanchuk untuk memancing keluarnya amukan pola pemikiran klasik Kasparov.  Standar sistem hitam ini adalah soliditas dan modal mobilitas di sayap menteri, yaitu potensi serangan masal bidak.

6. Kf3 Ke7 7. h4 h6 8. h5
Langkah ini dimainkan untuk mengurung sayap raja hitam, tetapi hitam dengan gaya bertahan ala Nimzowitch, sama sekali belum memutuskan diri apakah akan rokade ke sayap raja ataukah sebaliknya. 

8... a5 9. Gb5 c6 10. Ga4 

Keputusan yang dibuat-buat. Terbukti pada babak permainan selanjutnya gajah ini menjadi target serangan bidak hitam yang mengakibatkan putih kehilangan tempo dan ruang. Kelihatannya lebih masuk akal  10. Gd3 dengan rencana Ke2 dan c3. Setelah 10. Gd3 putih bisa menjawab 10 ... c5 dengan 11. Kb5 Kec6 12. dxc5 bxc5 13. c4, mengeksploitasi keunggulan perkembangannya.  Langkah terbaik hitam setelah 10 Gd3 tak diragukan lagi 10. ... Ga6 dan putih bisa mencoba 11. Gf4 Gxd3 12. cxd3 mengorbankan struktur bidak untuk memperoleh kesempatan dinamis di lajur-c. 

10. ... Kd7 11. Ke2
Langkah ini mengungkap alasan putih melangkahkan gajahnya ke a4. Putih sedang mempersiapkan petak c2 untuk gajah tersebut.

11. … b5 12. Gb3 c5 

Empat bidak sayap menteri hitam semua kompak menyerang  di baris ke 5, memperoleh ruang.

13. c3 Kc6 14. O-O Mc7 

Meski kalah perkembangan, posisi hitam kaya akan potensi. Misalnya Ivanchuk jelas punya inisiatif di sayap menterinya. Langkah-langkah Kasparov selanjutnya semakin  membuang tempo. Dia seharusnya merencanakan untuk menyerang posisi hitam dengan memanfaatkan bidak f sebagai pendobrak. Sehingga yang bisa member peluang bagi putih adalah 15 Kh2 dilanjutkan dengan f4 dan f5 yang mana setelah persiapan Be3 kuda bisa bermanuver ke petak yang agresif f4 dan g4. 

15. Be1 c4 16. Gc2 Kb6 17. Gf4
Mencegah f6.

17. … Ge7 18. Gg3 Bb8
Mendukung potensi b4.

19. Kh2
Akhirnya, tapi kekuatan dobrak f4 telah menjadi lemah oleh kesalahan letak Benteng sayap menterinya.

19... Md8 

Langkah defensive yang misterius. Satu-satunya alasan Ivanchuk yang masuk akal dari langkah ini adalah hitam ingin memindahkan menterinya dari incaran jangka panjang Gajah hitam-nya Kasparov. 

20. Kg4 b4 21. axb4 axb4 (lihat diagram) 

21. ... axb4
22. cxb4

Putih masih bisa menghilangkan semua resiko dengan memainkan  langsung 22. b3 sedangkan bila 22...bxc3 23 Kxc3 Gb4 bisa dijawab dengan 24 Be3. Mungkin putih memainkan langkah ini karena khawatir tusukan bidak ke b3 yang cukup merepotkan dengan kemungkinan serangan di jalur a yang berpotensi menyerang b2.

22... Kxb4 23. Gb1 Gd7 24. b3

Momen kritis. Putih sekarang salah waktu dengan usahanya menghilangkan salah satu kelemahan sayap menterinya, yaitu bidak-b. Harusnya dia memainkan 24. Md2 untuk mengimbangi posisi.  Dengan langkah menteri ini, hitam tidak bisa melakukan mobilisasi bentengnya dengan rokade 24. ... O-O karena adanya kemungkinan pengorbanan di h6 yang dimulai dengan 25. Gf4. Perlu diketahui bahwa putih tidak bisa langsung berkorban 25. Kxh6+ gxh6 26. Mxh6 karena 26. ... Kd3.

24. … Ba8 25. Bxa8 Mxa8 26. bxc4 Kxc4 

Kedua kuda hitam telah merebut dominasi dengan menduduki tempat strategis ini

27. Kc1 Ga4 

Posisi para perwira putih sangat kacau dan tiba-tiba saja sudah dalam keadaan tidak bisa lagi mempertahankan bidaknya di d4.

28. Me2 Ma7 29. Ke3 Mxd4 30. Kxc4 dxc4 31. Mf1 

Sudah putus asa.

31... O-O
 
Dengan perjalanan yang sangat panjang akhirnya hitam selesai memobilisasi anak buahnya. Ini adalah contoh penundaan rokade yang lama dalam pertandingan antar Grandmaster dan dengan keadaan raja hitam yang aman, Kasparov memutuskan untuk menyerah. Putih hanya kalah satu bidak, tapi bidak lepas hitam di lajur c niscaya akan memakan korban perwira putih.
0 - 1

31. ... 0-0

Penutup

Pertandingan catur yang indah. Sepertinya jarang yang menyerah saat hitam melakukan rokade. Memang putih sudah kehabisan nafas. Kita bisa belajar dari pertandingan Vassily Ivanchuk melawan Garry Kasparov ini bahwa memancing lawan melakukan kesalahan dalam catur itu penting. Oleh karena itulah, dalam chessgames pertandingan ini diberi judul Enraging The Beast, Memancing Kemarahan Sang Raksasa.

Sekian dulu kawan. Apabila ada yang ingin request terjemahan pertandingan silahkan komentar di bawah. Salam Gens Una Sumus!
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into