Home » » Pola Mat dalam Catur #1: Smothered Mate (Mat Terjepit)

Pola Mat dalam Catur #1: Smothered Mate (Mat Terjepit)

Diceritakan oleh Unknown pada Tuesday, March 12, 2013 | 2:47 AM

Dalam catur, Smothered Mate (atau Mat Terjepit) adalah  skak yang dilakukan oleh kuda yang membuat raja lawan mat karena tidak bisa gerak disebabkan oleh posisi anak buahnya sendiri. Biasanya Smothered Mate paling sering terjadi di pojok papan catur di mana raja tersudut di antara anak buahnya seperti ilustrasi di bawah ini:

Raja hitam mati di pojok
Mengapa pola mat jenis ini sering terjadi di pojokan? Seperti kita lihat, mat ini terjadi karena di sana tidak butuh anak buah banyak untuk mengurung rajanya sendiri. Di situ raja hitam mat di h8 oleh langkah kuda putih ke f7. Raja hitam tidak bisa bergerak karena ada tiga anak buahnya sendiri yang membuatnya terjepit di pojok, yaitu dua bidak (g7 dan h7) dan satu benteng di g8.

Pola mat ini juga disebut Philidor's Mate atau Philidor's Legacy (untuk mengenang François-André Danican Philidor). meski sebenarnya pengalamatan nama itu tidak tepat karena jauh sebelum Philidor, pola mat ini telah dijelaskan Luis Ramirez Lucena, terkenal dengan jembatan Lucena-nya, dalam buku Repetición de Amores e Arte de Axedrez.

Kata orang, “Simplicity is indeed often a criterion of beauty” (Kesederhanaan seringkali jadi patokan untuk menilai indah tidaknya sesuatu). Kesederhanaan Mat Terjepit alias smothered mate yang hanya dengan kuda ini yang membuat pola mat-nya nampak indah. Namun hal lain yang menjadikanya lebih indah dan nampak istimewa bagi seorang pecatur. Untuk bisa melakukan smothered mate seperti pada gambar ilustrasi di atas, biasanya pemain perlu mengorbankan materi yang memaksa musuhnya menjepit rajanya sendiri. Mengapa perlu dipaksa? Ya, karena tak mungkin seorang pemain sukarela mengerubuti rajanya sendiri hingga membuatnya mat? Hehehe.

Berikut ini contoh Smothered Mate yang harus melibatkan korban materi, yaitu pertandingan Jan Timman, Grandmaster Belanda yang memegang buah putih melawan Nigel Short, GM Inggris buah putih. Pertandingan itu terjadi pada Turnamen Tilburg yang berlangsung pada tahun 1990.

Diagram
Waktunya putih melangkah
26. Mc4 Rh8
27. Kf7+ Rg8
28. Kh6++  Rh8
29. Kg8+ Bxg8
30. Kf7#

Pola mat di atas sangat tipikal. Artinya, model-nya ya seperti itu, skak kuda, skak dobel, korban menteri, skakmat dengan kuda. Yang lebih rinci, pola mat-nya sebagai berikut:
  1. Raja lawan dalam posisi rokade pendek, dan belum membuat Luft
  2. Menteri melakukan skak pada raja lawan di jalur diagonal tertentu ( dalam diagram b2 - g8) yang mempunyai satu titik fokus yaitu dua petak dari ujung diagonal serangannya (dalam diagram f7) akan menjadi petak serangan skak kuda. Raja lawan terpojok.
  3. Kuda melakukan skak di di titik fokus, raja lawan kembali ke tempat semula.
  4. Kuda melakukan skak ganda dengan membuka jalur diagonal menteri (skak ganda menteri dengan kuda), raja musuh terpojok kembali.
  5. Putih mengorbankan menteri skak ke petak sebelah raja, benteng lawan memukul membuat rajanya sendiri terjepit.
  6. Kuda melakukan skak sekali lagi di titik kunci dan kini raja hitam mat terjepit!

Korban menteri yang indah dan mat dengan kuda saja ini membuat awal banyak pecatur menjadi tertarik dengan catur. Seperti halnya yang diungkapkan oleh seorang GM (saya lupa siapa wkwkwk) dalam buku caturnya yang  terkenal yaitu (saya lupa, nanti akan saya tambahkan kalau ingat), beliau menyenangi catur gara-gara pola Smothered Mate yang pernah diajarkan ayahnya waktu berumur (lupa juga).
Sebenarnya ada pola mat terjepit yang lain, tapi aku akan membahasnya lain kali. Sekian dulu ya kawan. Salam Gens Una Sumus!

Lihat juga posting pertandingan Aronian vs Anand yang juga punya jalur Smothered Mate.

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into