Home » » Cara Memilih Kualitas dan Merk Power Bank yang Bagus

Cara Memilih Kualitas dan Merk Power Bank yang Bagus

Diceritakan oleh Unknown pada Monday, March 18, 2013 | 8:58 AM

Kini power bank, portable charger, atau battery box seolah telah menjadi aksesori wajib bagi pengguna ponsel pintar. Mengadaptasi iklan sebuah teh botol, apa pun sistem operasi ponsel pintar alias smartphone yang digunakan, pasangannya tetap power bank.
Anda yang telah memakai maupun baru berencana membeli power bank idealnya mengetahui beberapa hal dasar tentang produk itu.
Courtesy: Herry SW

Makin Besar Kapasitas Power Bank Apakah Makin Kuat? 

Apakah maksud angka-angka yang tertera di bodi atau kemasan power bank? Ada yang tulisannya 2.000, 5.600, bahkan 10.000. Makin besar apakah berarti makin kuat?

Herry SW:

Kalau power bank dibongkar, di dalamnya bakal dijumpai sel baterai (battery cell). Angka yang tercetak di bodi atau kemasan power bank menunjukkan kapasitas total sel baterai yang dibenamkan. Mudahnya, semakin besar kapasitasnya, semakin besar tenaga yang bisa disimpan dan siap disalurkan oleh power bank tersebut.

Satu Kapasitas Power Bank Bisa Berapa Kali Isi Ulang HP? 

Kalau saya memiliki power bank 5.000 mAh, dia sanggup lima kali mengisi ulang baterai ponsel saya yang berkapasitas 1.000 mAh ya?

Herry SW:

Secara matematis begitu. Namun, praktiknya tidak demikian karena kita wajib memperhitungkan konversi tegangan dan tenaga yang hilang (loss power) selama proses charging.

Tegangan power bank biasanya 3,7 volt (yaitu tegangan baterai lithium yang dipakai power bank), sedangkan untuk men-charge baterai diperlukan tegangan 5 volt. Perhitungan konversinya (5.000 x 3,7) : 5 = 3.700. Anggaplah tenaga yang hilang 20 persen. Maka, 3.700 dikurangi 20 persen dulu sehingga diperoleh hasil akhir 2.960.
Jadi, sebuah power bank berkapasitas 5.000 mAh sebenarnya memiliki kemampuan nyata sekitar 2.960 mAh. Kalau power bank itu dipakai untuk mengisi ulang baterai ponsel berkapasitas 1.000 mAh, ia mampu melakukannya tiga kali. Dua kali sampai penuh dan satu kali lagi nyaris penuh. Asumsinya, selama proses charging berlangsung, ponsel dalam kondisi padam.

Cara lebih singkat untuk sekadar memperkirakan kemampuan nyata power bank, kalikan kapasitasnya dengan 0,6. Misalnya, sebuah power bank 5.000 mAh kira-kira mampu memberikan suntikan tenaga sebesar 5.000 x 0,6 = 3.000 mAh ke aneka acang alias gadget yang Anda gunakan.

Sedikit Koreksi dari Irfan:
Persisnya perhitungan jumlah pengisian bukan berdasarkan tegangan tapi berdasarkan kapasitas dan efisiensi daya, baik di sisi power bank maupun di sisi ponsel. misal kapasitas 1000mAh dan efisiensi 80%, maka muatan yang bisa digunakan hanya 800mAh. sisanya hilang. kalau kualitasnya baik efisiensinya bisa di atas 90%. Dan satu lagi, baterai litium memang bertegangan 3,7 V tapi untuk proses pengisiannya butuh tegangan sampai 4,2V. sasasa
Output power bank yang tertera 5 volt sebenarnya berasal dari (salah satu) standar tegangan rangkaian digital, sama seperti standar 110/220 volt yang ada di listrik rumah. Di dalam ponsel, tegangan tersebut akan diturunkan sesuai kebutuhan. Tegangan pengisian baterai sebenarnya berubah-ubah sesuai isi muatan dalam baterai, namun tidak akan melebihi 4,2 volt untuk jenis lithium.
Tambahan dari Habib Panggalo:
Menurut pengalaman, di SmartPhone saya input charging itu antara 3.9 – 4.1V. Itu bisa dilihat dari aplikasi battery management. PowerBank rata-rata menggunakan standard output USB, yaitu 5V. Cuma memang SmartPhone sekarang bener-bener pinter sih ngelimitnya. Saya pake Lenovo S880, dicharge pake output 1A, 1.5A, atau 2A sekalipun, tetap aja masuknya cuma berkisar 3.9-4.1V.

Bagaimana Cara Mengetahui Efisiensi Suatu Power Bank? 

Bagaimana cara mengetahui efisiensi suatu power bank, Pak? Di kemasan atau bodi power bank kan biasanya tidak disebutkan?

Irfan:
Hal itu bisa diketahui lewat pengukuran elektrik tapi jelas tidak memungkinkan bagi kebanyakan orang. Produsen hanya mencantumkan kapasitas penyimpanan karena faktor tersebut yang bisa ‘menjual’. Seperti halnya produsen kamera yang hanya menunjukkan kualitas lewat besarnya megapixel. Tapi secara umum bisa diasumsikan power bank yang kualitasnya sekelas efisiensinya tidak akan jauh berbeda.

Mana yang Lebih Baik: Colokan 1A atau 2A? 

Power bank saya mempunyai dua colokan untuk mengisi ulang baterai ponsel. Yang satu ada tulisannya 1A, yang satu lagi 2A. Apa maksudnya? Mana yang lebih baik?

Herry SW:
Colokan yang digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel maupun tablet seringkali disebut sebagai konektor output. Tulisan 1A bermakna bahwa konektor output itu mampu mengantarkan arus sebesar 1 Ampere. Sedangkan konektor output bertuliskan 2A berarti sanggup melewatkan arus sampai 2 Ampere.

Mana yang lebih baik? Bergantung kebutuhan juga sih. Konektor output 2A lebih cocok dipakai untuk mengisi ulang baterai tablet, sedangkan konektor output 1A biasanya disiapkan buat ponsel.

Besar kecilnya output berhubungan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai sampai penuh. Contohnya, Anda memiliki ponsel dengan  baterai bawaan berkapasitas 1.500 mAh. Bila Anda mengisi ulang ponsel itu memakai konektor output 1 Ampere atau 1.000 mAh, lama charging sekitar 1,5 jam.

Kalau proses charging dilakukan lewat konektor output 2A, apakah baterai akan penuh dalam waktu kurang dari satu jam? Bisa iya, bisa pula tidak. Hal itu bergantung kemampuan input maksimal yang diizinkan ponsel. Kalau ponsel hanya memperbolehkan 1 Ampere, lama pengisian tetap sekitar 1,5 jam.

Input Output Power Bank 

Ada output, ada input. Di kardus power bank saya ada tulisan input 1A. Apakah itu sama dengan yang sudah dijelaskan di atas?

Herry SW:
Ya, sama. Bila tertulis input 1A, berarti power bank itu hanya bisa menerima suntikan tenaga maksimal 1 Ampere. Anggaplah power bank Anda berkapasitas 5.000 mAh. Mau di-charge memakai charger dengan output 1 Ampere atau 2 Ampere, waktu yang dibutuhkan sampai pengisian tuntas sama-sama sekitar lima jam.

Mengapa Kapasitas Powerbank Sama Harganya Beda?

Saya pernah melihat dua power bank yang sama-sama berkapasitas 5.000 mAh. Merek A dijual Rp 500 ribu, sedangkan merek B cuma Rp 280 ribu. Mengapa perbedaannya bisa sangat jauh?

Herry SW: 
Ada berbagai hal yang menentukan harga power bank. Mulai dari nilai merek, volume, persentase keuntungan, sampai kejujuran.

Kita mulai dari nilai merek. Anggaplah ada dua power bank yang persis sama. Satu bermerek Nokia, satu lainnya bermerek Nokiyem. Power bank bermerek Nokia bisa dijual lebih mahal daripada yang bermerek Nokiyem.

Soal volume, hal itu berhubungan dengan jumlah produksi atau jumlah kulakan. Semakin banyak jumlah produksi atau kulakan, semakin murah pula harga per unit power bank. Bila power bank itu kemudian dijual dengan persentase keuntungan sama, harga jual akhir ke konsumen akan lebih murah.

Berikutnya, tentang persentase keuntungan. Dua power bank yang persis sama sebenarnya dikulak dengan harga yang sama pula. Distributor power bank merek Kuda menginginkan persentase keuntungan 25 persen, sedangkan distributor power bank merek Kambing rela meraup keuntungan 15 persen saja. Maka, harga jual power bank Kuda bakal lebih MAHAL daripada power bank Kambing.

Terakhir, ini yang sebenarnya paling penting diketahui, setidaknya menurut penulis, adalah faktor kejujuran. Power bank tertentu bisa dijual sangat murah karena produsen atau vendornya berdusta. Kapasitasnya tertulis 5.600 mAh, contohnya, padahal kalau dibongkar ternyata 4.400 mAh saja.

Di mana Bisa Beli Powerbank ada merk terkenalnya di Di Surabaya? 

Herry SW:
Tergantung mau cari merek terkenal apa dulu. Ada MiLi, Energizer, Yoobao, dan Delcell. Merek Energizer biasanya dijual di Welcomm Shop. Merek MiLi ada di Delta Gadget Jl Biliton, Phone Shop – Plasa Marina, dan My Rasch – WTC. Saya lihat My Rasch cukup komplet menyediakan aneka power bank merek global. Namun, sebelum transaksi ke sana, harus tahu harga pasar dulu dan saat bertransaksi berani menawar ya. Sebab, saya lihat harga pembukaan di sana cukup tinggi.

Bagaimana Cara Cek Garansi Power Bank?

Cara cek garansi nya bener-bener asli gimana ya?

Herry SW:

Mesti lihat kartu garansi sih ya. Tapi, kalau ternyata kartu garansinya juga palsu, nah itu susah.

Bagaimana cara Membedakan Yoobao Asli dengan yang Palsu?

Banyak sekali Yoobao palsu beredar di pasaran. Yang barang asli habis terus, sangat susah carinya. Bagaimana cara membedakan antara yang asli dengan Yoobao KW atau palsu?

Adrie:
Stiker hologram di pojok kanan di gosok. Nanti masuk ke website dan di copy paste aja codenya

Bagaimana Cara Memilih Merk Power Bank?

Kan paling gampang ya dilihat dari merk untuk kualitas, tapi sekarang sepenglihatan ane 75% tu merk yang bukan umum produsen elektronik semua. Kemudian jika ketemu 2 barang yang sama-sama tak pernah dengar merk, tapi harga sampe beda 100 ribuan gitu pilih mana ?
Kalo pilih murah, ntar asumsi dalam hati murahan cepet rusak.
Kalo pilih mahal, ntar asumsi dalam hati orang nya ambil untung banyak tapi merk biasa.
Bingung jadinya.

Herry SW:
  1. Bila memungkinkan, tidak ambil dua-duanya. :)
  2. Kalau memang butuh, di antara dua merek itu, pilih yang berani memberikan garansi minimal enam bulan.
Sumber:
Posting ini berasal dari Om Herry SW.
Jika ada pertanyaan, silahkan follow twitter beliau @herrysw atau langsung kunjungi web beliau: www.ponselmu.com
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
18 Komentar
18 Komentar
Komentar

18 Komentar:

  1. Powerbank probox sanyo bagus tidak ya?
    Dan memiliki kelemahan apa?
    Harga psarannya sanyo pro box 7800 brp ya?
    Tahnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari rekomendasi om Herry di atas tidak disebutkan merek tersebut, Mas Rudi. Tapi bukan berarti tidak bagus. Sebagai info saja, Probox adalah merek dari perusahaan Hotway dari Taiwan yang memakai baterai Sanyo. Dengan adanya nama Sanyo di situ, berarti Probox 7800 mAh ini dikenal dengan sebutan OEM atau ODM. Dalam paket penjualannya, Probox 7800 kabel konektor untuk merek HP tertentu tidak disertakan. Jadi kesiapan akan kabel konektor mempengaruhi keputusan Mas. Untuk performa lengkapnya silahkan lihat di jagadreview.com. Atau bila berkenan, langsung ke situs Om Hery konsultan gadget di Ponselmu.com: Kenali Powerbank Anda. Beliau sangat ramah dan bersedia menjawab semua pertanyaan tentang gadget. Saya sendiri mendapat info di atas dari sharing yang telah disebarkan beliau via milis. :)
      (Ingat masa garansi menurut teman-teman penting untuk dipertimbangkan dalam memilih powerbank)

      Delete
  2. kalo menurut mas saya browsing powerbank aego 33600 mah , 980rb garansi 3bln , itu gmn mas review nya ? isi asli nya berapa mah ? di situ blum tertuliskan spesifikasi nya sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busyet Mas, bagong banget. :D
      Melihat kapasitasnya, lebih cocok buat backup power laptop ya. Atau memang kebutuhan Mas buat laptop? Atau untuk apa? Mungkin itu dulu pertanyaan yang perlu kita lakukan buat memilih power bank. Jangan sampai membeli tidak terpakai.

      Teman-teman kemarin bahas power bank untuk keperluan 3 hari tanpa listrik untuk HP kapasitas 5000mAh, rata2 powerbank yang disarnkan kisaran powerbank 11k hingga 18k mAh.

      Review tanpa pernah mencoba sama dengan ngibul saya Mas. :) Teman-teman yang sangat paham masalah gadget pun sangat hati-hati dalam review. Mereka spt Om Hery di atas tak mau review tanpa melakukan tes drive. Misalnya untuk mengetahui isi asli harus bongkar untuk melihat baterainya. :)

      Biasanya suatu produk akan ada reviewnya jika sudah banyak yg pakai atau produknya menarik utk direview. Saran saya, jika keperluan mendesak sebaiknya menunggu review dari pengguna dan kita lihat apa kekurangan dan kelebihannya sebelum kita beli. Atau membeli merek2 yang sudah terkenal mapan. Itu pilihan saya pribadi.

      Sampai saat ini hanya energizer 8000mAh yang pernah saya pegang. Itupun belum pernah saya gunakan. Power bank saya ini saya beli 890k katanya juga bisa buat laptop garansi 3 tahun. Satu tahun garansi toko.

      Mengapa mahal juga sudah dijelaskan di atas dgn jelas. Dan, sekali lagi pertimbangan garansi ini menurut saya penting.

      Delete
    2. iya mas bagong sangat , saya mau pake buat laptop coz kalo lg ada project bikin web kerja di rumah isinya males and kurang greget..

      review tanpa test drive memang sama aja boong mas..

      tapi di pasaran saya nemu mili king 18rb 1,500 << kalo ini yakin dah top markotop.. secara harganya... nah yang saya bingungin 33600 kok harga nya 980rb ...

      saya tanya ke salah satu seller katanya kalo yang aego dari listrik ke aego isi nya lama.. tapi tuh aego udah pernah masuk pameran PRJ yang katanya di test dulu sebelum pameran..


      kalo boleh kita bisa get in touch mas , mungkin via email atau whatsapp , email saya di blacklistcyber@gmail.com

      Delete
    3. Nah, kalau MiLi memang disarankan oleh Om Hery dalam artikel di atas (Recommended brand).
      Untuk konsultasi detail tentang gadget, saya sendiri sebenarnya tidak punya kemampuan. Sebaiknya Mas langsung gabung ke milis tentang power bank atau bisa ke id-android karena dari sanalah saya belajar. Link-nya ada di footer laman blog ini (pojok kiri bawah)

      Delete
    4. btw , kalo review mili king yang 18rb itu real capacity nya brp ya mas ?

      apa tetap 18rb x 0.6 ? terus untuk review tentang mili king , feature dan dll gmn mas ?

      safety ? charger dr listrik ke mili king nya brp lama , dll :D

      :D

      Delete
    5. x 0.6 itu hitungan kasar, kata Om Hery agar orang awam seperti kita gampang menghitung. Mungkin 0.6 ini adalah sin phi istilah listriknya.

      Gampangnya jika ingin tau kapasitas sebenarnya, buka powerbanknya dan lihat baterainya tertera berapa di sana. Kalau mau njlimet ya kita hitung dengan rumus listrik yang melibatkan daya, tegangan, arus, dan waktu. Nanti akan saya share rumus Om Gunaris di posting lain.
      Lama charge biasanya sudah tertera di box-nya.

      Soal review sudah saya jawab di atas.

      Delete
  3. kalo merk pine 8600 ampere bgs ga? trus mo nanya, jwnis baterei yg bgs yg mn y, katanya ada jenis lithium dan crystal, mn yg bgs? thk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang Anda maksud Pineng, pabrikan Cina. Tidak ada yang 8600 mAh. Yang ada 6600. Saya tidak tahu kualitasnya. Setahu saya baterai powerbank rata2 masih menggunakan lithium.

      Delete
  4. kalau power bank merk Yoobao itu bagus apa tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang merekomendasikan Yoobao Mas Akhlish. Harga terjangkau dan garansi sepertinya yang menjadi pertimbangan. Hanya saja hati-hati, banyak beredar yang palsu. Baca tips cara mengecek keaslian Yoobao dari Om Herry di posting.

      Delete
    2. kalau merk gigabyte kualitasnya lumayan bagus kah ?
      contoh gigabyte otg4

      Delete
    3. Belum pernah tahu Mas Akhlish. Saya hanya punya satu powerbank x8000 energizer. pertimbangan waktu beli adalah garansi panjang, merk paten. Memangnya mau beli yang murah atau yang bagus Mas?

      Delete
    4. yang kualitasnya bagus tapi terjangkau
      soalnya budget pas pasan

      Delete
    5. Yang bagus sih sudah disebut di posting atas. Yang bagus tapi murah saya Nggak tahu Mas Akhlish. Wkwkwkwk.

      Delete
  5. Butuh berapa jam untuk mengisi ulang Power Bank 20000 ampere?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya belum pernah memiliki Powerbank dengan kapasitas segitu Mas Dandi. Yang saya punya hanya kapasitas 8000. Itupun charge nya lama. Itu tergantung kapasitas colokan juga sepertinya.

      Delete

Translate This Page into