Home » » Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri?

Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri?

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, January 9, 2013 | 8:41 PM

Mengenal diri sendiri itu sulit, karena kita tidak terbiasa berusaha mengenal diri sendiri. Kita hanya terbiasa merasakan diri orang lain. Maka saat kita bertengkar dengan istri, biasanya kita hanya menyalahkannya, dan tidak berusaha untuk mawas diri. Dalam hati kita berkata, "Wah, istriku ini sebentar-sebentar berlaku begini, begitu, begini, begitu, sehingga sial benarlah nasibku." 

Ki Ageng Suryamentaram
Pangawikan pribadi, oleh Ki Ageng Suryamentaram
Tetapi bila kita ditanya kembali, "Memanglah istrimu itu begini, begitu, begini, begitu, tetapi bagaimanakah dengan kamu sendiri?" Kita akan terperanjat dan mengaku bahwa diri sendiri tidak kita teliti.

Demikian pula dalam hubungan dengan anak (anak kita nanti harus begini tidak boleh begitu) dan tetangga termasuk tetangga facebook (wah tetangga kita itu kok begitu ya, harusnya kan begini), kita tidak memeriksa atau meneliti diri sendiri. Ini menunjukkan bahwa kita tidak biasa meneliti diri sendiri.

(Pangawikan Pribadi, Pengetahuan Diri Sendiri, Mawas Diri oleh KAS)

Ini yang saya share semalam ...— with Dewa Ayu Erniathi.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into