Home » » Mohon Informasi Alamat Gereja Kota Batu dan Jadwal Ibadahnya (I Am Not A Terrorist)

Mohon Informasi Alamat Gereja Kota Batu dan Jadwal Ibadahnya (I Am Not A Terrorist)

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Sunday, March 29, 2015 | 2:09 PM

Seingat saya, dulu saat ada orang bertanya kepada kita tentang lokasi tempat ibadah, yang ada di benak kita hanyalah, "Oh, orang ini akan sembahyang." Dengan pemikiran seperti itu, kita akan sebaik mungkin membantu memberikan informasi yang ia butuhkan. Kini semua berubah. Tempat ibadah diasosiasikan dengan kata bom. Saat orang bertanya lokasinya, kita bukannya menjawab dengan tenang, tapi justru bertanya balik "Untuk apa tanya lokasi tempat ibadah?" yang jika dilihat dari konteks zaman dulu nampak konyol. Ini mengindikasikan ada rasa curiga, khawatir, dan ketakutan di sana. 

Contoh kasusnya bisa kita lihat pada gambar di bawah. Saya menanyakan hal yang sama (bertanya lokasi gereja di sekitar Karangploso dan Junrejo) karena kebetulan guru-guru seluruh Indonesia tiap tahun selalu ada yang mengikuti diklat di kantor saya. Para peserta diklat tersebut tentu ada yang memerlukan informasi tempat-tempat ibadah di sekitar lokasi. Namun alih-alih menjawab pertanyaan saya, ada yang balik bertanya, ada yang curiga. Ya seperti inilah kondisi yang terjadi sekarang. Membuat kita saling curiga, khawatir, dan ketakutan itu memang keinginan dari apa yang disebut-sebut selama ini sebagai teroris

Informasi Alamat Gereja
Tanggapan beragam mengindikasikan ada perubahan pola pikir masyarakat.

Tunggu dulu, teroris bukanlah yang juga telah diasosiasikan dengan "muslim berjenggot yang berteriak Allahu Akbar". Mari sejenak kita telusuri.

Milestone populernya kata ini adalah peristiwa 9/11, runtuhnya gedung WTC pada 9 September 2001. Dari titik inilah pihak tertentu nampak memiliki kepentingan untuk mendefinisikan kata teroris dengan asosiasi dengan agama spesifik, cap khusus untuk muslim. Sejak itu pula, muslim masuk perangkap. Saat merasa dipojokkan tuduhan itu, sebagian kalangan kemudian memutuskan melawan. Mereka yang melawan ini sering membabi buta di tengah keputusasaan tuduhan yang bagai buah simalakama sehingga banyak kalangan yang mensinyalir mereka ini sebenarnya kurang pemahaman agamanya. Tindakan itu justru kemudian menjustifikasi cap yang telah disematkan.

Marilah kita dudukkan persoalan pada tempatnya. Teroris itu kata netral, yaitu siapa saja yang menginginkan kita saling curiga dan ketakutan yang tidak wajar (berlebihan). Dan jika kita sepakat pada definisi satu ini, maka teroris itu juga termasuk siapa saja yang sengaja bertujuan membuat orang selalu curiga pada muslim yang berjenggot, dan membuat kita takut pada ucapan "Allahu Akbar". Pun demikian jika kita membabi buta membunuh orang-orang tertentu yang tiada bersalah, sehingga membuat kelompok mereka merasa ketakutan dan was-was, kita pun akan masuk dalam kategori ini.

Semuanya berubah sejak negara api menyerang.

Saya pernah menonton film My Name Is Khan. Film ini mengambil gambaran phobia efek peristiwa 9/11. Gerak-gerik Khan yang sebenarnya adalah efek penyakit yang dideritanya-Asperger- dicurigai sebagai teroris. Untuk membantahnya, ia selalu mengatakan I am not a terrorist. Adegan yang saya suka adalah ketika ibu Khan menunjukkan sebuah gambar coretan pensil untuk ditebak, mana orang yang agamanya Hindu dan mana orang yang agamanya Islam. Khan kecil nampak kebingungan. Ibunya tersenyum kemudian menjelaskan bahwa hanya ada dua tipe manusia di dunia ini, orang baik dan orang jahat. Orang baik adalah orang yang melakukan kebaikan dan orang jahat adalah orang yang melakukan tindakan jahat. Itulah satu-satunya perbedaan yang ada dalam diri manusia.

Sekarang kembali ke topik sebenarnya saya tuju semula saja. Niat saya adalah mengumpulkan alamat gereja di wilayah Junrejo, Kota Batu dan Karangploso, Kab. Malang. Ini yang bisa saya kais-kais.

Alamat Gereja dan Jadwal Ibadahnya (Karangploso - Pendem, Batu dan sekitarnya)

Gereja Ekumene Pusdik Arhanud (Stasi Karangploso)
Komplek Kesatrian Arhanud, Desa Pendem, Kec. Junrejo, Kota Batu
Telepon: (0341) 592326.
Jadwal Ibadah:
Misa Hari Minggu ke-1 & ke-4: pukul 10.00 Gereja Bethel Tabernakel Margi Rahayu
Jl. Raya Tlekung, No. 108 Junrejo, Kota Batu (0341) 464716

Gereja GPdI Elohim (Depan Pom Bensin Kota Batu)
Jl Diponegoro 125 Kota Wisata Batu, 65314


Gereja GPdI Sejahtera Junrejo, Kota Batu
Jalan Raya Junrejo (depan Alfamart)

Gereja Paroki “Gembala Baik”
Jl. Ridwan 16, Tel. (0341) 592326, Batu 65311

    Misa Hari Sabtu: pukul 17.00
    Misa Hari Minggu : pukul 06.00 & pukul 08.00
    Misa Harian : pukul 06.00

Kapel Biara Karmelites “Flos Carmeli”
Jl. Ridwan 7, Tel. (0341) 591913, Batu 65311

    Misa Hari Minggu : pukul 06.30
    Misa Harian : pukul 05.45

Kapel Biara Karmel “Regina Apostolorum”
Jl. Hasanudin 13, Tel. (0341) 591012, Batu 65313

    Misa Hari Sabtu : pukul 18.00
    Misa Hari Minggu : pukul 06.00
    Misa Harian : pukul 05.30


Gereja Kristen Jawi Wetan Jemaat Karangploso
Jalan Kertanegara, No. 11, Karangploso, Malang, 65152
email: gkjw.karangploso@yahoo.co.id
Jadwal Ibadah (Umum):
07.00 WIB Bahasa Indonesia
07.00 WIB Bahasa Jawa (Minggu V)
17.00 WIB Bahasa Indonesia (Minggu V)

Gereja Kristen Jawi Wetan Jemaat Karangploso

GSJA Emmanuel
Jalan Panglima Sudirman, No. 83, Karangploso, Kab. Malang
(0341) 466704

GSJA Emmanuel Karangploso


Mohon maaf saya tidak dapat membedakan gereja Kristen Protestan dengan Kristen Katholik. Mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber:
https://gembalabaik.wordpress.com/pengumuman-gereja/jadwal-misa-di-gereja-gembala-baik/

Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into