Home » » Inilah Unit Pelayanan Publik Terbaik 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Inilah Unit Pelayanan Publik Terbaik 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Diceritakan oleh Tricahyo Abadi pada Wednesday, December 18, 2013 | 12:20 PM

Menerima penghargaan secara resmi dari pemerintah merupakan suatu kebanggaan tersendiri, baik bagi perorangan maupun bagi suatu lembaga seperti Unit Pelaksana Teknis (UPT). Begitu pula yang nampaknya dirasakan oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) saat menerima penghargaan sebagai unit kerja dengan layanan publik terbaik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2012. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Mendikbud Prof. Dr. M. Nuh di Jakarta, Senin (19/8/2013) pada Unnes sebagai UPT di lingkungan Kemendikbud yang dinilai telah memberikan layanan prima bagi masyarakat. Dari lima belas unit kerja yang diberi penghargaan, Unnes berada di peringkat pertama mendapatkan nilai 98,86 dengan kategori nilai "SANGAT BAIK".



Berikut ini lima belas Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menerima Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2012:
  1.  Universitas Negeri Semarang (Unnes)
  2. Kopertis Wilayah VII SUrabaya
  3. PP-PAUDNI Regional I Bandung
  4. LPMP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. BP-PAUDNI Regional III Makassar
  6. BP-PAUDNI Regional I Medan
  7. Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
  8. Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat
  9. Politeknik Negeri Medan
  10. PPPPTK Seni dan Budaya, Yogyakarta
  11. BP-PAUDNI Regional II Surabaya
  12. Politeknik Negeri Bandung
  13. Kopertis Wilayah IV Bandung
  14. PPPPTK PKn dan IPS, Batu
  15. LPMP Provinsi Nusa Tenggara Barat

Tahun 2012: PPPPTK PKn dan IPS urutan ke-14

Berita yang satu ini membanggakan setidaknya buat saya sendiri. PPPPTK PKn dan IPS tercatat di urutan ke-14 sebagai penerima penghargaan pelayanan publik 2012 dengan nilai 83,64 yang masuk kategori "BAIK". Namun, nampaknya rasa kurang puas nampak masih banyak dirasakan oleh para pegawai. Terbukti, ketika menerima surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 273/P/2012 tentang Penghargaan Pelayanan Publik kepada Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah seorang pegawai masih menyatakan "JELEK", karena berada di urutan ke-14.
Lampiran Kepmendikbud No. 273/P/2012

Siapa Unit Pelayanan Publik Terbaik 2013 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ini? Sayangnya, saya tidak tahu apakah tahun ini PPPPTK PKn dan IPS mengalami kemajuan dalam layanan primanya atau justru mengalami kemunduran dibanding sebelumnya? Artinya, informasi yang saya peroleh ini adalah berita usang. Saya bisa menuliskannya di sini karena salah seorang teman kebetulan menemukan informasi ini di bagian penggandaan (kertas bekas foto kopi) tempat kerja saya. Berita yang membanggakan buat PPPPTK PKn dan IPS yang lewat begitu saja. Padahal Unnes sendiri menyelenggarakan tasyakuran menyambut penghargaan yang dimaksud. :( Karena alasan itulah, saya memutuskan untuk merekamnya di blog ini.

Mudah-mudahan ketidakpuasan pegawai dan terlewatnya momen di atas bukanlah rasa inferior atau keluhan ketidakmampuan, namun sebagai keinginan untuk menjadi lebih baik lagi dalam melayani kepentingan publik. :)

RALAT: 2 Januari 2014

Saya mohon maaf kepada pembaca sekalian, rupanya saya telah memberikan keterangan yang salah pada tulisan di atas (yang saya coret). Hari ini saya mendapat informasi dari Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga PPPPTK PKn dan IPS, Bapak Sumadianto Affandi, bahwa memang penghargaan itu BARU diterima subbagian Kepegawaian PPPPTK PKn dan IPS dan digandakan pada bulan ketika saya mendapatinya di atas (Desember 2013, atau kurang lebih 4 bulan setelah Unnes menerimanya langsung dari Mendikbud). Dengan demikian saya mohon maaf atas kesalahan informasi di atas. Terima kasih dan selamat kepada PPPPTK PKn dan IPS atas prestasinya.
Jika menurut Anda bermanfaat, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments
0 Comments

Berikan Komentar

Post a Comment

Translate This Page into